Kamis, 07 Februari 2013

Tips Merawat Kain Sifon


Belakangan ini sifon banyak diminati kaum perempuan. Mulai dari pakaian, kerudung dan pashmina. Sifon berasal dari bahasa Perancis, Chiffon, adalah kain yang dibuat dari bahan dasar kapas, sutra atau fiber sintesis.

Pashmina Sifon Salju
Sifon memiliki tekstur lembut dan ringan. Itu sebabnya, bahan ini terasa nyaman dipakai dan banyak digemari. Selain itu, membuat penampilan semakin elegan karena terkesan jatuh.

Walaupun senang memakai pakaian, kerudung ataupun pashmina berbahan sifon, Muslimah harus merawatnya dengan tepat agar tetap awet.
Mau tahu bagaimana cara merawatnya? Berikut tips perawatan kain sifon :)


  1. Segera cuci kain sifon setelah dipakai. Cuci kain sifon dengan tangan dan pisahkan dengan bahan lain yang mudah luntur karena kain sifon mudah sekali terkena luntur (mudah menyerap warna). Gunakan detergen yang lembut. Untuk pengeringan, cukup angin-anginkan saja ya, Muslimah.
  2. Untuk menyetrikanya, disarankan untuk melapisi sifon dengan kain agar tak langsung terkena panas. Jaga suhunya agar tak terlalu panas dan gosok perlahan. Gosokan yang terlalu cepat dan suhu yang terlalu panas dapat meninggalkan bekas pada sifon.
  3. Bila Muslimah memakain anting, hindari anting yang memiliki sudut yang runcing karena dapat merusah kain sifon. Kuku yang panjang dan bersudut runcing serta peniti yang berkarat juga dapat merusak sifon. Jadi pastikan peniti atau pin yang Muslimah pakai tidak berkarat. :)
  4. Bila terkena noda, jangan buru-buru mengelapnya dengan tisu. Setiap noda memiliki penanganan yang berbeda. Untuk noda minyak, taburkan bedak saat noda masih baru lalu cuci. Noda permen karet, Muslimah perlu menggosok permen karet tersebut dengan es batu agar menjadi kaku dan keras. Setelah mengeras, angkat permen karet perlahan agar tak merusak kain. Untuk noda yang sulit dihilangkan seperti darah dan bekas keringat, Muslimah dapat menggunakan detergen cair khusus untuk pakaian berbahan halus, lalu rendam kurang lebih selama 30 menit dan bilas.
Rawat kain sifonmu dengan tepat ya, Muslimah. Selamat mencoba! :)


Sumber :
http://www.ameerashawl.com/press/cara-merawat-pashmina-sifon
http://myfabricfame.blogspot.com/2012/10/jenis-kain-kain-sifon-chiffon.html


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

HOT NEWS

« »
« »
« »
Get this widget